Berita Terkini

FASILITASI APEL "PEMBUATAN PUPUK BOKHASI"
25-05-2017 10:34

Untuk perbaikan lahan apel yang sudah jenuh dengan pupuk kimia, maka sangat diperlukan pupuk organik untuk perbaikan struktur tanah.

Semua tanaman sangat memerlukan media tanah yang subur dengan ketersediaan pangan yang cukup, oleh karena itu wajib hukumnya untuk mengganti nutrisi dalam tanah yang berkurang akibat digunakan untuk kehidupan tanaman baik untuk pertumbuhan vegetatif dan generatif. 

Penggunaan pupuk kima secara terus menerus berakibat rusaknya struktur tanah, sehingga tanah menjadi keras dan nutrisi kurang tersedia bagi tanaman, sehingga pertumbuhan tanaman terganggu yang pada akhirnya produktivitas tanaman akan menurun.

Perbaikan struktur tanah tersebut bisa dipulihkan dengan penggunaan pupuk organik. Pupuk bokhasi adalah pupuk organik yang bisa dibuat sendiri oleh petani dengan bahan yang mudah diperoleh di lokasi seperti kotoran sapi, kerbau, kambing maupun ayam. Oleh karena itu petani apel diberi pelatihan pembuatan pupuk bokhasi untuk memperoleh pupuk organik secara mudah.