Tujuan dan Sasaran

 

TUJUAN
 
Tujuan adalah pernyataan, kebutuhan, keinginan atau suatu keadaan masa depan yang akan dicapai, yang meliputi : kebutuhan dasar, keinginan dan kebutuhan individu. Tujuan harus merupakan pencerminan hasil yang dijalankan agar suatu keadaan masa depan yang diidam-idamkan (visi) menjadi kenyataan.
 
Berdasarkan dari isu aktual, tugas pokok dan fungsi serta visi dan misi Balitbang Kabupaten Malang sebagaimana telah dikemukakan dimuka, maka dapat dirumuskan tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut :
 
TUJUAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MISI PERTAMA
Mewujudkan penelitian dan Pengembangan di Bidang Pemerintahan, Ekonomi dan Keuangan, Pembangunan, Politik Kemasyarakatan melalui penyusunan program secara terencana berdasarkan skala prioritas, adalah :
Terlaksananya kegiatan penelitian dan pengembangan yang terarah dan aplikatif di bidang Pemerintahan, Ekonomi dan Pembangunan, Politik dan Kemasyarakatan.
 
TUJUAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MISI KEDUA
Mewujudkan rumusan kebijakan publik (Public Policy) yang dapat dipertanggungjawabkan secara akurat dan memiliki validitas, adalah :
Merumuskan hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk Rekomendasi kepada Bupati dan Menyampaikan hasil riset kepada instansi terkait dan masyarakat yang memerlukan, baik di lingkungan akademis maupun organisasi sosial kemasyarakatan lainnya.
 
Adapun Tujuan yang hendak dicapai secara umum ada 4 antara lain :
  1. Melaksanakan, membina dan mengkoordinasikan penelitian dan pengembangan di Bidang Pemerintahan, Bidang Pembangunan, Bidang Ekonomi dan Keuangan serta Bidang Politik dan Kemasyarakatan.
  2. Merumuskan hasil akhir penelitian dan pengembangan dalam bentuk rekomendasi kepada Kepala Daerah.
  3. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian melalui buku Jurnal Penelitian dan melalui Website Kabupaten Malantg.
  4. Menyampaikan hasil riset kepada instansi terkait dan kepada masyarakat yang memerlukan.
 
SASARAN
 
Sasaran adalah suatu pernyataan hasil yang dapat dicapai dalam kurun waktu satu tahun (12 bulan). Dengan demikian sasaran pada intinya menjadi pedoman dalam penyusunan rencana kegiatan dan alokasi penempatan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien.

Adapun Sasaran yang hendak dicapai juga ada 4 antara lain :

  1. Terlaksananya kegiatan Penelitian dan pengembangan yang terarah dan aplikatif di Bidang Pemerintahan, Bidang Pembangunan, Bidang Ekonomi dan Keuangan serta Bidang Politik dan Kemasyarakatan.
  2. Terwujudnya rekomendasi kepada Bupati melalui hasil penelitian dan pengembangan.
  3. Terpublikasikannya hasil penelitian dan pengembangan melalui Buku Jurnal Penelitian dan Website Kabupaten Malang.
  4. Termanfaatkannya hasil penelitian dan pengembangan oleh instansi terkait dan masyarakat yang memerlukannya.

 

 


Last Update:31-07-2013 12:44